Publikasi

/

Berita

Berita

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan Digital di BAST

Tim BAST

23 Feb 2024

66

1

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Belajar Kearsipan Digital di BAST
Aceh Besar, 23/02/2024 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia menerima kunjungan lapangan mahasiswa dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dalam rangka mempelajari sistem perkantoran dan kearsipan digital di lingkungan BAST, Rabu dan Jumat, 21 dan 23 Februari 2024.
Kunjungan tersebut dilakukan oleh mahasiswa untuk melakukan observasi sekaligus belajar tentang perkantoran dan kearsipan digital yang telah diimplementasikan di BAST salah satunya adalah penerapan Sistem Registrasi Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di lingkungan BAST. 
 
Para mahasiswa yang didampingi oleh dua orang dosen pendamping, Dr. Murni, S. Pd. I., M.Pd, Nurussalami., M.Pd. saat ini sedang mengambil mata kuliah Teknologi Perkantoran Digital sehingga dengan adanya kunjungan lapangan dapat memperluas wawasan dan pengetahuan tentang mata kuliah yang diambil dan juga kearsipan digital.
 
Selain belajar tentang kearsipan digital, mahasiswa juga mendapatkan informasi tentang pengelolaan arsip dinamis dan statis yang dilakukan oleh BAST, termasuk kegiatan pengolahan dan preservasi arsip. 
 
Dr. Murni, selaku salah dosen pengampu mata kuliah  menyampaikan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi-informasi baru kepada para mahasiswa dengan melihat langsung dilapangan bagaimana sistem perkantoran dan pengelolaan arsip baik yang konvensional maupun digital. Mahasiswa yang berkunjung ke BAST tersebut dibagi kedalam dua kelompok sesuai dengan unit masing-masing dan akan datang ke BAST dihari yang berbeda.