Publikasi

/

Berita

Berita

Bahas Persiapan Pameran Arsip Tsunami, BAST Kunjungi Dispursip Aceh Jaya

Tim BAST

14 Aug 2024

115

1

Bahas Persiapan Pameran Arsip Tsunami, BAST Kunjungi Dispursip Aceh Jaya

Aceh Jaya, 14/08/2024 – Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Aceh Jaya yang dilaksanakan dalam rangka silaturahmi kearsipan dan membahas terkait pameran arsip tsunami di Aceh Jaya, Rabu, 14 Agustus 2024.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Bidang Arsip Dispursip Aceh Jaya Fitriah bersama dengan para staff. Pada sambutan sekaligus penjelasannya terkait arsip statis Aceh Jaya, Fitriah mengungkapkan bahwa saat ini Dispursip Aceh Jaya sedang berupaya melakukan penelusuran arsip statis bernilai guna sejarah. 

Selanjutnya terkait arsip tsunami sendiri, mengingat Aceh Jaya merupakan wilayah yang mendapatkan dampak terparah dari bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 silam. Pastinya terdapat arsip-arsip mengenai bencana tersebut, namun arsip-arsip tersebut kini masih dimiliki beberapa masyarakat dan lembaga yang dahulu sempat melakukan dokumentasi dampak dari bencana.

Kepala BAST, Muhamad Ihwan menyampaikan perlu adanya penelusuran arsip secara mendalam terkait tsunami yang terjadi Aceh Jaya ini. Penelusuran tersebut bisa melalui wawancara pelaku atau penyintas tsunami. Selanjutnya ia berharap bahwa secara bersama-sama Dispursip Aceh Jaya dapat ikut berpartisipasi dalam peringatan 20 tahun gempa dan tsunami Aceh melalui pameran arsip statis sebagai gerakan merawat memori kolektif bangsa. (sr)