Publikasi

/

Berita

Berita

BAST-ANRI Hadiri Upacara Pemusnahan Arsip Pertanggungjawaban Keuangan Tahun 2012 Kudam IM

Tim BAST

27 Sep 2024

53

0

BAST-ANRI Hadiri Upacara Pemusnahan Arsip Pertanggungjawaban Keuangan Tahun 2012 Kudam IM

Banda Aceh, 26/09/2024 – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menghadiri upacara pemusnahan arsip pertanggungjawaban keuangan tahun 2012 Kudam Iskandar Muda Tahun Anggaran 2024 di Makudam Iskandar Muda. Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Hubdam, Ajendam, Itdam, Paku Rumkit, dan Paku Rindam di lingkungan Kudam Iskandar Muda, Kamis, 26 September 2024.

Upacara dipimpin oleh Kakudam Iskandar Muda yang diwakili oleh Kepala Keuangan (Paku) Kesdam IM, Mayor Cku Sarianto. Dalam amanatnya, Mayor Cku Sarianto menegaskan bahwa pemusnahan arsip ini telah dilaksanakan sesuai dengan kaidah kearsipan yang berlaku. Ia menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan arsip di lingkungan Kudam Iskandar Muda pada masa mendatang. 

Pemusnahan arsip yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya peningkatan efektivitas manajemen arsip, sehingga arsip yang tidak lagi memiliki nilai guna dapat dilakukan penyusutan dengan cara pemusnahan secara tertib dan terarah. Sebagaimana diketahui bahwa sebelum pemusnahan dilakukan, BAST ANRI telah melakukan proses verifikasi dan penilaian arsip pertanggungjawaban keuangan ini. Proses ini dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. 

Kegiatan pemusnahan arsip ini menjadi wujud nyata dari komitmen Kudam Iskandar Muda dalam menjaga tertib arsip dan memastikan bahwa setiap dokumen dan arsip keuangan yang sudah berakhir masa retensi dan tidak lagi memiliki nilai guna dimusnahkan sesuai prosedur. (am/sr)