Publikasi

/

Berita

Berita

BAST ANRI Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Tim BAST

01 Oct 2024

19

0

BAST ANRI Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Banda Aceh, 01/10/2024 – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor BAST, Bakoy. Kegiatan ini diikuti langsung oleh seluruh pegawai di lingkungan BAST. Selasa, 1 Oktober 2024.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala BAST, Muhamad Ihwan; Komandan Upacara, Zulfa; Protokol Upacara, Getharina Amarsya, Pengibar Bendera, Yoga, Aprizal dan Billy; Komandan Regu, Arie Julianda dan Salsabila; Pembawa Teks Pancasila, Ali Akbar; Pembaca Doa, Arizal; Pembaca Ikrar Kesaktian Pancasila, Resty Amelia; dan Pembaca UUD, Syarifah Tazkia Azzahra.

Upacara peringatan tahun ini mengusung tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas". Pelaksanaannya menjadi momentum dalam mempererat semangat nasionalisme di tengah arus globalisasi yang semakin berkembang. Nilai-nilai Pancasila sebagai landasan negara selanjutnya diharapkan dapat diterapkan dengan terjalinnya kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya di lingkungan kerja. 

Hari Kesaktian Pancasila sendiri merupakan peringatan yang dilaksanakan untuk mengenang peristiwa sejarah G30S/PKI serta sebagai tanda pentingnya pancasila sebagai dasar negara. Peringatan ini tentunya menjadi refleksi bagi bangsa mengenai sejarah perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (sr)