Publikasi

/

Berita

Berita

BAST ANRI Menerima Kunjungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Tim BAST

11 Oct 2024

22

0

BAST ANRI Menerima Kunjungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Banda Aceh, 10/10/2024 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kunjungan ini dihadiri oleh Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB, Dr. Ir. Agus Wibowo beserta pegawai yang disambut langsung oleh Kepala BAST, Muhamad Ihwan. Kamis, 10 Oktober 2024.

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka silaturahmi serta untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengelolaan arsip tsunami yang berjalan di BAST. Agus Wibowo dalam penyampaiannya mengungkapkan apresiasinya terhadap pengelolaan arsip yang ada di BAST, serta upaya BAST dalam melindungi dan melestarikan arsip tsunami sebagai sumber pembelajaran terkait kebencanaan, terutama dalam hal mitigasi, rehabilitasi dan juga rekonstruksi pascabencana.

Pada kesempatan ini, BNPB memperkenal Portal Literasi Sejarah Bencana yang berisi data dan informasi sejarah kebencanan yang ada di Indonesia yang diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia, serta membangun budaya literasi khususnya dalam bidang kebencanaan, dan bagaimana nantinya masyarakat mampu dan mempunyai kesiapsiagaan terhadap dirinya sendiri. Tentunya, arsip tsunami di BAST dapat bermanfaat sebagai pengetahuan terkait sejarah kebencanaan ini.

Muhamad Ihwan menyampaikan bahwa penyelamatan dan pelestarian arsip yang dilaksanakan oleh BAST dapat membantu masyarakat agar lebih tangguh bencana, dimana masyarakat dapat mengenali ancaman bencana, mengorganisir sumber daya, dan mengurangi risiko bencana. 

Selanjutnya, melalui informasi kebencanaan yang didapatkan dari arsip tsunami yang tersimpan di BAST, diharapkan dapat memberikan kemanfaatan kepada masyarakat luas, khususnya bagi generasi muda yang merupakan generasi tangguh bencana. (ar/sr)