Publikasi

/

Berita

Berita

BAST Bahas Potensi Kerja Sama dengan JICA

Tim BAST

11 Oct 2024

26

1

BAST Bahas Potensi Kerja Sama dengan JICA

Banda Aceh, 11/10/2024 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan dari Project Advisor Chief Advisor Japan International Cooperation Agency (JICA), Ryoji Takahashi, beserta tim. Kunjungan ini dalam rangka membahas potensi kerja sama antara keduanya di bidang kearsipan, terutama terkait program penyelamatan arsip di wilayah terdampak bencana dan kegiatan peringatan 20 tahun gempa dan tsunami Aceh. 

Kepala BAST, Muhamad Ihwan, yang menyambut langsung kunjungan ini menyampaikan bahwa perlu adanya kolaborasi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya penyelamatan arsip sebagai bagian dari mitigasi bencana. Kerja sama dengan JICA menjadi salah satu yang diharapkan untuk mewujudkan tujuan ini.

Sementara itu, dalam pertemuan yang berlangsung, Takahashi mengapresiasi kinerja BAST dalam upaya penyelamatan dan pengelolaan arsip tsunami. Penghargaan juga diberikan atas peran BAST dalam memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga arsip. Ia juga menyampaikan JICA menyambut baik dan terbuka untuk membahas lebih lanjut mengenai peluang kerja sama yang dapat dikembangkan di masa mendatang.

Menutup pertemuan, Ihwan berharap JICA dapat pula ikut berkolaborasi dalam menyukseskan peringatan 20 tahun gempa dan tsunami Aceh yang akan diselenggarakan oleh BAST pada Desember mendatang. Peringatan ini merupakan momentum yang penting, selain untuk mengenang dan menghormati para korban dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di masa depan. (ekh)