Publikasi

/

Berita

Berita

BAST - DPKA Berkolaborasi Selenggarakan Pemilihan Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023

Tim BAST

23 Nov 2023

2273

0

BAST - DPKA Berkolaborasi Selenggarakan Pemilihan Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023

Banda Aceh, 21/11/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kolaborasi bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) dalam penyelenggaraan acara Grand Final Pemilihan Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023 dengan tema "Gerakan Aceh Sadar Arsip". 

Kegiatan ini diikuti oleh 11 finalis Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023 diantaranya Mutia Khairunnisa, Nirwana Almadania, Radja Fadlul Arabi, Syahrul Ramadhan, dr. Muammar, Effendi, Siti Assyifa Muharramy Rusli, T. Muhammad Maulana Akbar, Saiful Anwar, Qurratu Meutia Balqis, dan Getharina Amarsya. 

Turut hadir sebagai juri Kepala BAST, Muhamad Ihwan, S.Sos, M.Si., Kepala DPKA, Dr. Edi Yandra S. STP, MSP., Kepala Pusat Arsip Universitas Syiah Kuala (USK), Drs. Mawardi, M.Hum., Kepala Bidang Pemanfaatan dan Layanan Arsip
Dr. Muslem, S.Ag, M.Pd., Makmur, SH, M.Hum., dan Usfah Herlinda, SE, M.SM.

Edi Yandra mengungkapkan bahwa keberadaan Duta Arsip sangat penting di masa sekarang ini. Hal ini dikarenakan tugasnya dalam mengsosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk mengenal arsip sebagai bagian dari pemersatu bangsa. Maka dari itu sudah seharusnya Duta Arsip memahami kearsipan sehingga nantinya kepada masyarakat Duta Arsip dapat menyampaikan pentingnya arsip dengan baik.

Acara pemilihan Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023 sendiri merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Aceh. Tujuan pelaksanaannya adalah untuk menciptakan generasi yang paham tentang kearsipan serta sebagai upaya menyebarluaskan dan mempromosikan pentingnya arsip kepada publik, guna meningkatkan sadar arsip kepada masyarakat. (sr)