Publikasi

/

Berita

Berita

BAST Dukung Penyelenggaraan Kongres Peradaban Aceh II

Tim BAST

07 May 2024

188

0

BAST Dukung Penyelenggaraan Kongres Peradaban Aceh II

Aceh Besar, 06/05/2024 - Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) bersama pegawai BAST menghadiri kegiatan Pembukaan Kongres Peradaban Aceh II yang dilaksanakan di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho, 6 Mei 2024. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Pj. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Wali Nanggroe yang diwakili oleh Tuha Peut, Rektor Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (Isbi Aceh) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kongres Peradaban Aceh II, serta para pegiat seni, sastrawan dan budayawan nasional. 

Rektor Isbi Aceh, Prof. Dr. Wildan dalam sambutannya pada acara ini menyampaikan bahwa Kongres Peradaban Aceh II merupakan kegiatan penting untuk membahas isu terkait seni dan budaya dengan tujuan melahirkan pemikiran dan aksi dalam pemerkasa peradaban Aceh. Selanjutnya, diharapkan dengan pelaksanaan Kongres Peradaban Aceh II ini dapat melahirkan beberapa gagasan terkait pengukuhan ejaan bahasa Aceh, pendirian Museum Peradaban Aceh, dan rekomendasi pembentukan program studi ilmu sejarah di ISBI Aceh. 

Pada kesempatan ini, BAST memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan Kongres Peradaban Aceh II. Pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik  sehingga kemanfaatannya dapat tersampaikan kepada khalayak luas nantinya. (sr)