Publikasi

/

Berita

Berita

BAST Hadiri Acara Pemusnahan dan Penyerahan Arsip Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

Tim BAST

22 Jul 2024

55

0

BAST Hadiri Acara Pemusnahan dan Penyerahan Arsip Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

Banda Aceh, 18/07/2024 – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menghadiri kegiatan pemusnahan arsip dan penyerahan arsip statis oleh Dinas Perhubungan Provinsi Aceh (Dishub Aceh), Kamis, 18 Juli 2024.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dishub Aceh, T. Rizki Fadhil, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Zulkfli, serta para Eselon III dan IV Dishub Aceh, dan Arsiparis seluruh Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) di lingkungan Pemerintah  Aceh.

Diketahui bahwa arsip yang dimusnahkan dari Dishub Aceh berjumlah sebanyak 1.021 berkas dengan kurun waktu tahun 1978 - 2015. Arsip-arsip tersebut merupakan arsip yang tidak memiliki nilai kesejarahan dan berketerangan musnah.

Sedangkan arsip statis yang akan diserahkan ke DPKA sendiri merupakan arsip yang memiliki nilai kesejarahan dan berketerangan permanen dalam jadwal retensi arsip yang berjumlah sebanyak 220 boks arsip dan 2.227 berkas.

Diharapkan kegiatan penyusutan arsip baik itu pemusnahan maupun penyerahan dapat dilakukan rutin oleh Dishub Aceh,  serta dengan adanya kegiatan ini selanjutnya dapat mendorong seluruh SKPA di Pemerintah Aceh agar dapat melakukan hal yang serupa dalam rangka mewujudkan Gerakan Nasional Tertib Arsip (GNSTA).