Publikasi

/

Berita

Berita

BAST Ikuti FGD Penyelamatan Arsip dan Mitigasi terhadap Ancaman Bencana

Tim BAST

15 Sep 2023

2053

0

BAST Ikuti FGD Penyelamatan Arsip dan Mitigasi terhadap Ancaman Bencana

Denpasar, 14/09/2023 – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Penyelamatan Arsip dan Mitigasi terhadap Ancaman Bencana yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta & PKK) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut diisi langsung oleh Pemateri dari ANRI yang terdiri dari Direktur Preservasi Arsip, Agus Susanto, Direktur Akuisisi Arsip, Wawan serta Arsiparis Madya ANRI, Susanto. 

Kegiatan FGD dibuka oleh Sekretaris Ditjen Binapenta & PKK, Eva Trisiana dan diikuti oleh peserta di lingkungan Binapenta & PKK dari berbagai daerah. Dalam sambutannya, Eva menyampaikan pentingnya pengelolaan arsip yang baik sehingga arsip mudah ditemukan dan diakses jika dibutuhkan. Oleh karena itu, kegiatan FGD ini diharapkan dapat memberikan pencerahan tentang pengelolaan arsip dan juga upaya-upaya dalam menyelamatkan dan melestarikan arsip sehingga terhindar dari ancaman bencana. 

Pada FGD tersebut, BAST yang dihadiri langsung oleh Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) , Muhamad Ihwan, turut menyampaikan upaya-upaya preventif dan kuratif yang dilakukan oleh BAST dalam rangka menyelamatkan dan melestarikan arsip dari bencana alam dalam sesi Sharing Session Best Practice Penyelamatan Arsip dari Bencana.