Publikasi

/

Berita

Berita

Deputi Bidang Penyelamatan, Pelestarian, dan Pelindungan Arsip ANRI Kunjungi Museum Tsunami Kabupaten Pidie

Tim BAST

19 Jul 2024

90

2

Deputi Bidang Penyelamatan, Pelestarian, dan Pelindungan Arsip ANRI Kunjungi Museum Tsunami Kabupaten Pidie

Pidie, 17/07/2024 - Deputi Bidang Penyelamatan, Pelestarian, dan Perlindungan Arsip - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr. Kandar bersama Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Muhamad Ihwan dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) Dr. Edi Yandra melaksanakan kunjungan ke Museum Tsunami Pidie pada hari Rabu 17 Juli 2024.

Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan menjalin silaturrahmi antara komunitas kearsipan serta meningkatkan sinergi program kegiatan antara pusat, provinsi, dan daerah. Kandar juga menambahkan bahwa kunjungan ini juga dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran dalam menghadapi bencana ke depannya mengingat bahwa Museum Tsunami Pidie merupakan monumen sejarah yang mencatat korban bencana tsunami Aceh di wilayah Pidie dan Pidie Jaya serta sebagai simbol pengingat akan kebesaran Tuhan di tanah Aceh.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pidie, Turno Junaidi menyambut baik kunjungan ini. Dalam sambutannya, Turno menyampaikan harapan agar kedepannya Museum Tsunami Pidie ini dapat terus menjalin kerja sama dan bersinergi bersama ANRI dalam mengembangkan dan mengelola arsip yang menjadi bukti sejarah.

Selanjutnya Kandar turut menambahkah harapannya agar arsip yang berperan sebagai bukti sejarah bangsa dan juga menjadi bukti agung stabilitas kinerja organisasi daerah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui Museum Tsunami Pidie sebagai sumber ilmu pengetahuan untuk berbagai generasi di masa sekarang maupun mendatang. (am)