Publikasi

/

Berita

Berita

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta Studi Tiru Pengelolaan Arsip di BAST

Tim BAST

14 Aug 2024

110

0

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta Studi Tiru Pengelolaan Arsip di BAST

Banda Aceh – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan tim dari  Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta (DPAD DIY) dalam rangka studi tiru  pengelolaan arsip statis yang dilakukan di BAST khususnya yang berkaitan dengan kegiatan preservasi arsip, pada Selasa 13 Agustus 2024.

Dalam kunjungan tersebut, tim yang dipimpin oleh Kabid Pengelolaan Arsip Statis DPAD DIY, Rakhmat Sutopo diterima langsung oleh Kepala BAST, Muhamad Ihwan dan para arsiparis BAST. 

Dalam diskusi terkait pengelolaan arsip, Kepala BAST mengakui DPAD DIY telah melakukan berbagai upaya dalam melakukan pengelolaan arsip, salah satunya adalah lahirnya diorama arsip Yogyakarta yang dapat dikunjungi oleh masyarakat. Hal itu, kata Ihwan, dapat menjadi contoh bagi lembaga kearsipan lainnya dalam hal pemanfaatan arsip. 

Di BAST sendiri, lanjut Ihwan, juga telah dilakukan berbagai inovasi dalam melakukan pengelolaan arsip, baik itu pemeran onsite maupun online, pengelolaan arsip berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dan penggunaan media sosial sebagai sarana publikasi tentang kearsipan kepada khalayak, baik dalam bentuk tayangan PodBAST, majalah, serta informasi kearsipan menarik lainnya. 

Dalam kunjungan tersebut, tim dari DPAD DIY juga diajak untuk melihat langsung kegiatan pengolahan arsip dan preservasi arsip serta layanan dan pemanfaatan arsip yang dilakukan di BAST. (han)