Publikasi

/

Berita

Berita

Dukung Peningkatan Minat Literasi, BAST Terima Pinjaman 267 Buku dari DPKA

Tim BAST

26 Jun 2024

194

0

Dukung Peningkatan Minat Literasi, BAST Terima Pinjaman 267 Buku dari DPKA

Aceh Besar, 25/06/2024 – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima rak buku sebanyak 3 unit dan koleksi buku sebanyak 267 eksemplar yang terdiri dari 200 buku umum dan 67 buku nuansa daerah oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA). Penyerahan ini ditandai dengan serah terima yang dilakukan langsung oleh Kepala DPKA yang diterima oleh Kepala BAST di kantor BAST, Selasa, 25 Juni 2024.

Kepala BAST, Muhamad Ihwan memberikan apresiasi kepada DPKA atas kegiatan serah terima yang dilaksanakan ini. Ihwan berharap dengan bertambahnya fasilitas dan koleksi buku dari DPKA dapat meningkatkan minat baca pengunjung Pojok Baca Digital (Pocadi) yang merupakan salah satu layanan yang tersedia dan dapat dinikmati di BAST oleh publik.

Minat baca masyarakat yang rendah tentunya didasari dengan sulitnya akses yang dimiliki terhadap ketersediaan buku secara fisik. Maka dari itu, dengan adanya penambahan koleksi buku di Pocadi BAST, masyarakat dapat  memanfaatkan dan memenuhi kebutuhannya akan literasi yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, Ihwan juga menyampaikan bahwa kerjasama dan komunikasi yang telah terjalin antara DPKA dan BAST diharapkan semakin kuat kedepannya.

Pada kesempatan ini, Kepala DPKA, Edi Yandra turut memperkenalkan I-pustaka sebagai sumber literasi yang edukatif yang tersaji dalam bentuk digital. Ia menyampaikan jika e-book tentang kearsipan di BAST telah lengkap, maka akan dibuatkan rumah pustaka BAST dalam koleksi I-pustaka yang dikelola DPKA. 

Selanjutnya, Edi menambahkan harapannya terhadap peningkatan dalam perkembangan kearsipan, khususnya pada stakeholder dan lembaga terkait sehingga dapat meningkatkan pelayanan kearsipan kepada publik.