Publikasi

/

Berita

Berita

Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Laksanakan Studi Tiru Pengelolaan Arsip di BAST

Tim BAST

16 Oct 2024

12

1

Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Laksanakan Studi Tiru Pengelolaan Arsip di BAST

Banda Aceh, 15/10/2024 – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh (Kanwil Kemenag Provinsi Aceh) yang dilaksanakan dalam rangka studi tiru terkait dengan pengelolaan arsip yang dilaksanakan di BAST, Selasa, 15 Oktober 2024.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala BAST, Muhamad Ihwan. Dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan studi tiru yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Aceh. Menurutnya, arsip yang ada di Kemenag Aceh ini merupakan bukti perjalanan keagamaan di Aceh sehingga perlu dijaga dan dilindungi eksistensinya. 

Pada kesempatan ini, Arsiparis Ahli Muda pada Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Rizal Mulyadi mengungkapkan bahwa terdapat banyak arsip di Kanwil Kemenag Provinsi Aceh terutama mengenai pelaksanaan haji, satu diantaranya terkait dengan perlimpahan porsi. Maka dari itu diperlukan pengelolaan arsip yang efektif guna upaya pelestarian sebagai pertanggungjawaban di masa mendatang. 

Selanjutnya, hasil dari pelaksanaan studi tiru di BAST ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan arsip di Kanwil Kemenag Provinsi Aceh yang sesuai dengan kaidah kearsipan yang berlaku, sehingga informasi yang terkandung di dalamnya dapat bermanfaat kelak. (sr)