Publikasi

/

Berita

Berita

Kemenag Banda Aceh Laksanakan Studi Tiru Pengelolaan Arsip di BAST

Tim BAST

26 Jul 2024

129

0

Kemenag Banda Aceh Laksanakan Studi Tiru Pengelolaan Arsip di BAST

Banda Aceh, 25/07/2024 – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan dari Kementerian Agama (Kemenag) Banda Aceh yang dilaksanakan dalam rangka studi tiru terkait dengan pengelolaan arsip yang dilaksanakan di BAST, Kamis, 25 Juli 2024.

Selain itu, kegiatan ini merupakan langkah yang dilakukan oleh Kemenag Banda Aceh untuk meningkatkan pelayanan publik melalui pengadopsian strategi yang dilakukan BAST sebagai upaya meningkatkan zona integritas di lingkungan Kemenag Banda Aceh.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala BAST, Muhamad Ihwan. Dalam sambutannya Ihwan mengapresiasi pelaksanaan studi tiru yang dilakukan Kemenag Banda Aceh. Menurutnya dengan adanya studi tiru ini dapat meningkatkan pengelolaan arsip yang efektif, efisien, dan inovatif sehingga publik sebagai penerima manfaat dapat menerima layanan dengan baik.

Selanjutnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik, perlunya upaya dalam membangun kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pelayanan yang diterima dan juga membangun birokrasi yang multihelix dengan basis community sehingga relasi dapat berkembang lebih luas. Dalam hal ini, BAST telah melaksanakannya secara berkelanjutan.

Kemenag Banda Aceh sendiri tengah mengelola arsip-arsip penting bernilai sejarah terkait perkembangan islam di Aceh, arsip-arsip tersebut salah satunya arsip waqaf Tengku Di Anjong, seorang ulama besar dan berpengaruh di Aceh. Maka dari itu, melalui kegiatan ini diharapkan pengelolaan arsip-arsip tersebut dapat berjalan dengan lebih baik lagi guna menjaga dan melestarikannya agar tidak terkikis oleh waktu, serta dengan adanya pembelajaran terkait inovasi pelayanan dari BAST dapat mendorong Kemenag Banda Aceh dalam memberikan layanan yang terbaik kepada publik. (sr)