Publikasi

/

Berita

Berita

Koordinasi Persiapan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tahun 2024 di Provinsi Aceh

Tim BAST

19 Mar 2024

2132

1

Koordinasi Persiapan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB)  Tahun 2024 di Provinsi Aceh

Aceh Besar, 19/3/2024 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka pembahasan dan koordinasi terkait kegiatan Peringatan Bulan Penanggulangan Risiko Bencana (Bulan PRB) yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2024 di Provinsi Aceh. 

Dalam kunjungan ini dibahas secara bersama-sama rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada Peringatan Bulan PRB tahun ini. BNPB mengajak BAST untuk berkolaborasi menyukseskan kegiatan ini dan BAST sendiri siap untuk berkolaborasi, terutama dalam hal memberikan edukasi terkait penyelamatan arsip prabencana, bencana dan pascabencana, serta pengenalan digitalisasi arsip dan juga meningkatkan pemahaman tentang sejarah bencana gempa dan tsunami yang pernah terjadi di Aceh melalui pameran arsip statis BAST.

Peringatan Bulan PRB ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan BNPB tiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Pengurangan Risiko Bencana Alam Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction). Provinsi Aceh terpilih sebagai tuan rumah Bulan PRB tahun ini mengingat peringatan 20 tahun gempa dan tsunami Aceh juga akan diselenggarakan pada tahun ini, sehingga ini menjadi momentum yang sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan bencana kepada masyarakat yang lebih luas.