Publikasi

/

Berita

Berita

Mahasiswa UIN Ar-Raniry Kuliah Praktikum Pelestarian dan Pengawetan Bahan Pustaka di BAST ANRI

Tim BAST

18 Oct 2023

2231

3

Mahasiswa UIN Ar-Raniry Kuliah Praktikum Pelestarian dan Pengawetan Bahan Pustaka di BAST ANRI

Banda Aceh, 17/10/2023 - Sebanyak 89 mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry Banda Aceh berkunjung ke Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk dibekali dan dilatih preservasi arsip, meliputi restorasi dan alih media pada kegiatan Praktikum Pelestarian dan Pengawetan Bahan Pustaka di Era Digital. 

Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 16-18 Oktober 2023 bertempat di BAST ini diselenggarakan atas kerjasama Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan BAST, dan juga merupakan implementasi dari MoU antara ANRI dengan UIN Ar-Raniry yang sudah ditandatangani.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Muhamad Ihwan selaku Kepala BAST dan menghadirkan arsiparis kelompok preservasi arsip BAST sebagai narasumber, di antaranya Alex Iswandi, Nova Sri Wahyuni, Sony Damalan, Alfi Muammar dan Fathia Nadhirah Nasution serta didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah pelestarian dan pengawetan koleksi di era digital, Syukrinur.

Kegiatan diawali dengan pengenalan BAST, dilanjutkan dengan kunjungan ke penyimpanan arsip atau depot arsip. Selanjutnya para peserta dibekali dengan teknik  preservasi arsip statis baik secara preventif maupun kuratif.