Publikasi

/

Berita

Berita

Penyerahan dan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Arsip Statis Tahap II

Tim BAST

30 Jul 2024

132

3

Penyerahan dan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Arsip Statis Tahap II

Banda Aceh, 29/07/2024 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) telah menerima penyerahan arsip statis tahap II oleh Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh. Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima arsip statis yang berlangsung di Gedung BPVP Banda Aceh, Senin, 29 Juli 2024.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan BPVP dari berbagai wilayah, termasuk BPVP Banda Aceh, BPVP Sorong, BPVP Ambon, BPVP Jakarta, BPVP Serang Banten, BPVP Padang, BPVP Sidoarjo, BPVP Medan, dan BPVP Makasar. 

Kegiatan penyerahan arsip oleh BPVP Banda Aceh merupakan bagian dari upaya bersama dalam melestarikan arsip-arsip penting dan strategis, serta untuk memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut tersimpan dengan baik dan dapat diakses untuk keperluan penelitian dan pendidikan. Penyerahan dan penandatanganan ini tentunya menandai kerjasama yang solid antar lembaga dalam menjaga kelestarian arsip statis yang penting bagi sejarah dan pengetahuan bangsa.

Dalam sambutannya Kepala BPVP Banda Aceh, Rahmat Faisal mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin dengan BAST sehingga melalui penyerahan arsip ini dapat mendorong lembaga lain menyerahkan arsipnya ke BAST.
“Kami berharap dapat memotivasi seluruh balai untuk dapat menyerahkan arsipnya ke BAST,” ungkapnya.

Perwakilan Biro Umum, Sekretariat Jenderal (Setjen), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) diwakili oleh Edi Tugiono melalui zoom meeting menyampaikan terima kasih atas pembinaan yang telah dilakukan oleh BAST terhadap arsiparis PBVP Banda Aceh.

Selanjutnya Kepala BAST, Muhamad Ihwan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras yang dilakukan atas pelaksanaan kegiatan penyerahan arsip statis ini sehingga dapat berjalan dengan begitu baik. 
“Hal ini merupakan hal yang sangat sulit dilakukan oleh arsiparis untuk siap melakukan penyerahan arsipnya,” tuturnya.

Penyerahan dan penandatanganan berita acara serah terima arsip statis tahap II ini menunjukkan komitmen BPVP dan BAST dalam menjaga serta memanfaatkan arsip melalui pemeliharaan dan pengelolaan yang optimal sehingga dapat digunakan untuk kepentingan bangsa dan negara.