Publikasi

/

Berita

Berita

PRISB-USK Kunjungi BAST, Dalami Kearsipan dan Rehab-Rekon Aceh

Tim BAST

23 Oct 2023

2355

0

PRISB-USK Kunjungi BAST, Dalami Kearsipan dan Rehab-Rekon Aceh

Banda Aceh, 20/10/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami  (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan para mahasiswa yang merupakan volunteer dari Pusat Riset Ilmu Sosial dan Budaya, Universitas Syiah Kuala (PRISB-USK). 

Kunjungan yang dilaksanakan dalam rangka “PRISB Tour History and Culture” ini bertujuan untuk mendekatkan diri dan mengenal lebih dekat BAST sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) ANRI yang menyimpan dan mengelola arsip tsunami dan arsip statis instansi vertikal yang ada di Pemerintahan Aceh.

Selain itu, kegiatan PRISB-USK ini juga dilakukan dalam rangka penelusuran awal informasi melalui arsip terkait situs memorial tsunami untuk mendukung rencana penelitian yang akan dilakukan oleh PRISB-USK.

Dalam kunjungan ini, para volunteer diajak untuk menonton tayangan khusus di ruang mini teater, menikmati pameran on site, dan melihat secara langsung kegiatan pengelolaan arsip untuk mengenal lebih dekat BAST dan mengetahui secara lebih rinci khazanah arsip yang dikelola.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para volunteer terkait peran BAST dalam mengelola dan melestarikan arsip tsunami, serta dapat menjadikan BAST sebagai rujukan utama untuk kegiatan penelitian terkait kebencanaan/tsunami. (sr/ekh)