Publikasi

/

Berita

Berita

Siswa SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh Belajar Kearsipan dan Kebencanaan di BAST

Tim BAST

31 Aug 2023

2143

0

Siswa SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh Belajar Kearsipan dan Kebencanaan di BAST

Banda Aceh, 30/08/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami  (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan dari siswa SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka wisata edukasi terkait kearsipan dan kebencanaan melalui informasi dari arsip tsunami yang tersimpan di BAST serta pendalaman tentang upaya mengenali resiko kerusakkan arsip, tanda-tanda bencana dan cara penanggulangannya.

Dalam kunjungan ini para siswa diajak untuk dapat mempelajari tentang kearsipan, bencana gempa dan tsunami yang pernah terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004 silam, rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilakukan pasca tsunami serta mitigasi bencana menghasilkan arsip sebagai pembelajaran dan meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana. Selanjutnya para siswa turut diarahkan untuk menikmati layanan Pojok Baca Digital (POCADI) yang telah disediakan. 

Rahmawati, sebagai Guru Pendamping kegiatan kunjungan ini menyampaikan bahwa ilmu yang diberikan oleh BAST mengenai kearsipan dan sejarah bencana tsunami yang pernah terjadi di Aceh telah banyak membuka wawasan para siswa, mengingat bahwa mereka merupakan generasi yang lahir setelah bencana tsunami terjadi.

Dengan adanya kunjungan ini diharapkan para siswa yang merupakan generasi penerus bangsa dan pelopor tanggap bencana dapat mengambil banyak pelajaran penting dari penyelamatan arsip saat bencana dan dampak bencana tsunami serta rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilakukan pasca tsunami sehingga nantinya di kemudian hari dapat menangani kerusakan arsip pasca bencana dan ikut berperan dalam membantu mengurangi resiko bencana.

 

(sr/ekh)