Publikasi

/

Berita

Berita

UTU Gelar In House Training Pengelolaan Arsip, Hadirkan Pemateri dari BAST dan ANRI

Tim BAST

02 Aug 2024

126

1

UTU Gelar In House Training Pengelolaan Arsip, Hadirkan Pemateri dari BAST dan ANRI

Meulaboh - Universitas Teuku Umar Meulaboh melaksanakan kegiatan In House Training Pengelolaan arsip dengan tema SELASAR MERAH (Selamatkan Arsip Menjaga Sejarah) dalam rangka meningkatkan SDM Kearsipan di lingkungan Universitas tersebut, Kamis 1 Agustus 2024. 

Kegiatan training yang dilaksanakan di Ruang Aula Universitas Teuku Umar (UTU) itu menghadirkan narasumber Kepala Balai Arsip Statis dan tsunami, Muhamad Ihwan dan Arsiparis Ahli Madya, Susanti dari Kedeputian Bidang Pembinaan Kearsipan - Arsip Nasional Republik Indonesia. 

Kepala BAST, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kedisiplinan dan keahlian dalam mengelola arsip sebagai salah satu fondasi utama dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

"Dengan peningkatan kualitas pengelolaan arsip, kita tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memastikan bahwa arsip terjaga dengan baik akan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di masa depan," ujarnya.

Training yang diselenggarakan tersebut membahas  berbagai topik penting, termasuk pengolahan arsip dinamis. Peserta training juga aktif terlibat dalam sesi tanya jawab untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengorganisir dan mengarsipkan dokumen-dokumen penting.

Kegiatan training pemberkasan arsip ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk peningkatan berkelanjutan dalam manajemen arsip di seluruh Indonesia, sesuai dengan komitmen untuk menciptakan tata kelola yang lebih baik dalam administrasi publik.

Turut hadir Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si, Ketua Panitia Azhari A. Gani M.Ag, serta civitas akademika dan  pegawai di lingkungan UTU.