Pameran Arsip

/

Pameran Arsip Virtual

Pameran Arsip Virtual

Pameran arsip virtual "Kiprah Dewan Pengarah"

Tim BAST

06 Dec 2022

2330

7

Pameran arsip virtual "Kiprah Dewan Pengarah"
Halo#SoBASTarsip, minBAST akan menampilkan arsip-arsip dari salah satu unsur Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias yaitu Dewan Pengarah. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pelaksanaan Pameran Arsip Virtual dengan tema "Kiprah Dewan Pengarah".
.
Dewan Pengarah merupakan organ yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan, bertanggung jawab untuk memastikan bahwa aspirasi berbagai pihak yang diwakilinya menjadi acuan dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi.
.
Nah untuk arsip yang akan minBAST tampilkan hari ini adalah Perppu No. 2 Tahun 2005, yang memuat ketentuan umum/definisi Dewan Pengarah dan Susunan, Tugas dan Wewenang dari Dewan Pengarah
.
Selanjutnya minBAST akan menampilkan arsip Dewan Pengarah #Edisi2, mengenai Salinan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 63/M Tahun 2005 Tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah dan Dewan Pengawas Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan Masyarakat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara.
Kali ini minBAST akan menampilkan arsip Dewan Pengarah #Edisi3, mengenai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2005 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja serta Hak Keuangan Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan Masyarakat Provinsi NAD dan Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara.
.
Dewan Pengarah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 huruf a, beranggotakan 17 orang yang terdiri dari unsur-unsur Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pemuka agama/ulama dan pemuka adat, tokoh masyarakat dan akademisi.
.
Dewan Pengarah berwenang meminta penjelasan kepada Dewan Pengawas dan Badan Pelaksana mengenai segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi, wajib menyampaikan laporan pelaksanaan tugasnya kepada Presiden, dan melaksanakan Rapat Koordinasi secara berkala 6 bulan sekali atau sewaktu-waktu bila diperlukan.
selanjutnya minBAST akan menampilkan arsip Dewan Pengarah #Edisi4, mengenai Salinan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 95/M Tahun 2005 Tentang Perubahan Keanggotaan Dewan Pengarah yang ditetapkan pada Keputusan Presiden Nomor 63 yang semula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjadi Menteri Dalam Negeri.
Arsip Dewan Pengarah #Edisi5, mengenai Surat Nomor 2149/M.PPN/05/2005 dari Menteri Negara PPN/ Kepala Bappenas kepada Ketua dan Anggota Dewan Pengarah BRR NAD-Nias Tentang Catatan Rapat Anggota Dewan Pengarah dan Rancangan Kelembagaan Sekretariat.
Arsip Dewan Pengarah #Edisi6, mengenai Surat Nomor B.252/MENKO/KESRA/X/2005 dari Menko Bidang Kesejahteraan Rakyat kepada Menko Polhukam Selaku Ketua Dewan Pengarah BRR Aceh-Nias Tentang Pasca Bencana Nias.
.
Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa masa tanggap darurat Pasca Bencana di Nias sudah berakhir sejak tanggal 31 Mei 2005 dan sejak tanggal 1 September 2005 penanganannya yang mewakili Pemerintah Pusat adalah Bapel BRR Aceh – Nias. Namun karena kantor Perwakilan Bapel Aceh-Nias di Medan tidak ada, maka kegiatan bantuan pangan untuk pengungsi ditangani Satkorlak Sumut dan Pemda Nias.
.
Namun, bantuan yang datang tersebut tetap diterima sesuai dengan kebutuhan lapangan dan penyalurannya atas kesepakatan antara Pemda Sumut dengan Bapel BRR disalurkan melalui Satkorlak Sumut dan Nias.
Aarsip Dewan Pengarah #Edisi7, mengenai foto kegiatan rapat anggota Dewan Pengarah BRR NAD-Nias di Ruang Bima Kantor Komenko Polhukam Jakarta dengan agenda pembahasan isu dan permasalahan mendesak dalam pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias, tanggal 14 Maret 2007.
.
Foto ini berasal dari khazanah Arsip Foto Balai Arsip Statis dan Tsunami, Daftar Arsip Foto Dewan Pengarah Nomor 16.
MinBAST akan menampilkan arsip Dewan Pengarah #Edisi8. Edisi 8 ini merupakan edisi terakhir dari pelaksanaan Pameran Arsip Virtual dengan tema “Kiprah Dewan Pengarah.
.
Pada arsip edisi terakhir ini, minBAST akan menampilkan mengenai foto kegiatan dan Notulensi Rapat Tripartite BRR NAD-Nias yang membahas mengenai butir-butir pelaksanaan setahun Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias, tanggal 3 Mei 2006. Foto ini berasal dari khazanah Arsip Foto Balai Arsip Statis dan Tsunami, Daftar Arsip Foto Dewan Pengarah Nomor 25.
.
Rapat Tripartite tersebut dipimpin oleh Menkopolhukam dan Ketua Dewan Pengarah BRR NAD-Nias. Yang dikuti oleh seluruh anggota Dewan Pengarah, seluruh anggota Dewan Pengawas dan Kepala serta Deputi Bapel BRR.
.
Jangan lupa follow, like dan terus ikuti media sosial kami untuk mengetahui informasi kearsipan dan kegiatan Balai Arsip Statis dan Tsunami.